Social Icons

Rabu, 16 September 2009

Aku Masih Kangan Sama Kamu

Saya mempunyai seorang sahabat yang sangat baik sekali. Perjalanan waktu dan tantangan kehidupan yang membuat kami berpisah sekian lama. Saya merasa sangat kehilangan dia, saya rindu dengan dia, saya mendambakan kehadirannya. Pada suatu hari saya mendengar kabar bahwa ia akan datang menemui saya dan akhirnya kami pun bertemu kembali. Ketika awal pertemuan dia mengatakan bahwa pertemuan ini tidak akan lama, hanya beberapa hari saja setelah itu dia akan pergi lagi. maka untuk itu, hari-hari kami lalui bersama, jalan bersama, makan bersama, beraktivitas bersama. Saya tidak mau melewat hari itu dengan sia-sia tanpa berarti. Saya merasa bahagia sekali bisa bertemu dia karena dia mengajarkan banyak hal kepada saya; saya diajarkan optimis dalam menjalani hidup, saya diajarkan agar selalu bersabar, saya diajarkan agar selalu berbuat baik kepada sesama, saya diajarkan agar senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang Allah berikan kepada saya, saya diajarkan untuk rendah hati, istiqomah dan lain-lain. Ketika tiba waktunya berbisah saya sangat sedih sekali. Terlintas dalam pikir saya, apakah saya masih bisa berjumpa dengannya lagi? Kini saya menjalankan hari-hari seperti biasa lagi tanpa dia ada disisi saya.
Cerita ini saya analogi dengan ramadhan, Ketika ramadhan datang kita merasa gembira dengan kedatanganya dan merasa bahagia menjalani hari-hari bersama dengan ramadhan, menjalani rutinitas yang ada dalam ramadhan dengan sabar, menikmati segala fasilitas yang disediakan ramadhan; ada sahur, ceramah agama, buka puasa, sholat tarawih, sholat witir, sholat tahajjud, tadarus al-Qur'an, zakat fitra, berbagi rezeki dengan sesama. Ramadhan mengajarkan kita banyak hal dalam menjalani kehidupan ini, diantaranya: mengajarkan kita keikhlasan, mengajarkan tentang syukur, mengajarkan kita rendah hari, mengajarkan kita bersifat sabar, menumbuhkan dalam diri kita agar peka terhadap lingkungan sekitar (kepedulian sosial), mendidik kita menjadi orang yang amanah dan banyak sifat terpuji lainnya yang didapat di ramadhan. Menjelang detik-detik kepergiannya kita merasa sangat sedih sekali karena kita sudah merasa sangat menikmati indahnya ramadhan, kita pun berpikir, apakah umur kita sampai pada ramadhan yang akan datang? jangan-jangan ramadhan kali ini merupakan ramadhan yang terakhir dalam hidup kita. Maka pada saat itu kita berdoa kepada Allah jangan jadi kan ramadhan kali ini merupakan ramadhan yang terakhir dalam hidup kita, semoga Allah memberikan kesempatan kepada kita untuk bertemu dengan ramadhan-ramadhan yang akan datang. Seandainya takdir Allah menggariskan bahwa ramadhan kali ini merupakan ramadhan terakhir dalam hidup kita, kita mohon kepada Allah mengampuni segala dosa-dosa kita, menerima segala amal kebaikan kita, kita menghadap Alllah dalam keadaan Khusnul Khotimah, menghadap Allah dalam keadaan sujud di hadapan Allah.
Sudah hampir 10 hari ramadhan telah meninggalkan kita semua, terasa rindu dengan suasana ramadhan tapi sebenarnya kita tidak perlu khawatir karena masih ada puasa 6 hari dibulan syawal yang bisa kita lakukan dan membuat suasananya seperti di suasana bulan ramadhan. Selanjutkan kita bisa melanjutkannya dengan melaksanaka puasa senin-kamis agar suasana batin kita merasakan auranya ramadhan, seperti yang dikatakan rasulallah dalam hadisnya: "Seandainya umatku tahu keuatamaan puasa ramadhan, maka meraka akan meminta ramadhan sepanjang tahun"
Marilah kita jadikan hari-hari kita seperti hari-hari di bulan ramadhan.
Semoga kita diberikankan kekuatan oleh Allah agar selalu menjadi orang yan istiqomah dan bisa merasakan ramadhan sepanjang tahun.
amin, ya rabbal 'alamin.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
Minal 'aidin wal faizin.
Taqobbalallahuminna waningkum taqabbal ya karim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger
 
Blogger Templates