Social Icons

Kamis, 03 September 2009

Manusia Tidak Bisa Hidup Sendiri

Sifat dasar manusia adalah tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain karena manusia memang diciptakan oleh sang Kholik bersifat lemah, tidak mempunyai apa-apa, hanya terbungkus kulit ari.
Dalam mewujudkan kehidupan yang bahagia di dunia dan bahagia di akhirat, Allah menciptakan banyak sarana. Sarana ini tidak akan bisa dipergunakan bagi manusia-manusia yang tidak cerdas dalam menjalani kehidupan ini. Kita sebagai manusia yang hidup di dunia ini tidak bisa berbuat semaunya kita tapi ada batasan masing-masing, waktu yang tersedia hanya sebentar, dibatasi oleh ruang dan waktu. Jadi setiap detik dari perjalanan hidup yang kita jalani harus punya makna agar dikemudian hari tidak terjadi penyesalan yang bisa menghambat perjalan hidup kita kedepannya.
Menjalin persahabatan merupakan salah satu cara untuk mewujudkan kebahagiaan hidup di dunia ini, dengan adanya sahabat yang berada di sekitar kita, maka kita saling berbagi dalam berbagai hal antara yang satu dengan yang lainnya, bisa saling bertukar pikiran, bisa saling memberi motivasi, bisa saling membantu dalam menyelesaikan berbagai persoalan kehidupan, bisa saling memberitahu dalam ilmu pengetahuan dan lainnya. Kenapa ini semua dibutuhkan?Karena pada dasarnya manusia itu tidak bisa hidup sendiri, antara satu dan yang lainnya harus saling mengisi kekuarangan yang ada, membatu dalam setiap permasalahan kehidupan dan manusia juga merupakan makhluk sosial.
Jika kita semua bisa menyadari bahwa kita tidak bisa hidup sendiri tanpa bantu yang lainnya, maka segala sesuatu yang kita lakukan pasti kita akan melakukannya dengan keikhlasan hati dan mewujudkan pencapaian hasil yang terbaik. Hidup damai dan menjalani secara kebersamaan merupakan impian setiap insan. Akan tetapi dalam mewujudkan impian tersebut bukan lah sesuatu yang mudah, dibutuhkann pengorbanan, perjuangan, saling pengertian, kesetian dan proses yang cukup panjang. Jika itu semua bisa dilewati, maka rintangan dan tangtangan yang lainnya akan menanti, diantaranya adalah ujian dalam mempertahankan kebersamaan yang telah dijalani tersebut.
Bisa kah itu semua kita wujudkan dalam kehidupan kita?
Mari kita renungkan bersama dan berusaha untuk mewujudkannya. Pada perinsipnya tidak ada yang tidak mungkin dalam kehidupan di dunia ini. Allah Maha Kuasa.
Seperti yang firmankan Allah dalam surat al-Insyirah (94) : 5-8, yang artinya: "Maka sesungguhnya disetiap kesulitan ada kemudahan, dan sesungguhnya disetiap kesulitan ada kemudahan. maka apa bila engkau telah selesai (dari suatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang berikutnya) dan hanya kepada Tuhanmu-lah engkau berharap"
Selamat berjuang, semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua agar semua cita-cita mulia kita di mudahkan Allah dalam mewujudkannya. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger
 
Blogger Templates