Social Icons

Minggu, 22 Mei 2011

Penjelasan Singkat tentang PONDOK MODERN GONTOR 2

Asrama Gontor Putri 3 di Mantingan
Ketika saya berangkat ke Pesantren Gontor di Ponorogo Jawa Timur untuk memasukkan adik saya, Abdullah belajar di sana dengan berbekal informasi yang sangat minim sekali. Selain saya bertanya kepada teman-teman dan sahabat-sahabat yang pernah mondok di Gontor atau yang sekarang ini sedang menyekolah anaknya di sana, saya juga browsing internet untuk mencari informasi tentang Gontor. Akan tetapi semua informasi yang saya dapat, membuat saya bingung karena informasinya berbeda-beda. Jadi intinya saya berangkat kesana dengan berbekal informasi yang sangat minim tapi walaupun begitu alhamdulillah semuanya bisa selesai dengan baik dan sekarang adik saya sudah masuk Gontor walaupun masih berstatus calon santri.

Dengan pengalaman saya itu, maka muncullah ide saya untuk menulis artikel ini agar ketika ada yang berkeinginan untuk masuk Gontor dan butuh informasi bisa membaca artikel ini. Artikel ini bersumber dari brosur yang diberikan oleh petugas Wisma tempat kami menginap di lingkungan Gontor 1. Dalam artikel ini saya hanya menuliskan Penjelasan singkat tentang Pondok Modern Gontor 2 Ponorogo yang merupakan tempat penerimaan calon santri Putra. Sementara untuk penerimaan calon santri putri bertempat di Gontor Putri 2 yang terdapat di Mantingan. Untuk penjelasan mengenai persyaratan dan biaya masuk Gontor bisa di lihat di blog ade saya: http://chairaniwulandari.blogspot.com/.  Semoga informasi ini bisa memberikan banyak manfaat. amin.

SEKILAS TENTANG PONDOK MODERN GONTOR 2
Pintu Masuk Gontor 2 Putra di Madusari, Ponorogo
A. PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN
    Pondok Modern Gontor 2 adalah salah satu cabang Pondok Modern Darussalam Gontor di Mlarak Ponorogo yang didirikan untuk membimbing dan mempersiapkan calon siswa dalam menghadapi Ujian Masuk Kulliyatu-l-Muiallimin Al-Islamiyah/KMI. Mulai tahun ajaran 1419-1420 H atau pada tahun 2000, Pondok Modern Darussalam Gontor 2 telah menerapkan dua program pendidikan siswa KMI dan pendidikan calon siswa KMI. Siswa KMI adalah calon siswa yang telah dinyatakan lulus Ujian Masuk KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, ditempatkan di Pondok Modern Gontor 2. Sedangkan calon siswa KMI atau Calon Pelajar adalah mereka yang mengikuti bimbingan belajar untuk menghadapi Ujian Masuk KMI.

B. KURIKULUM
      Kurikulum di Pondok Modern Darussalam Gontor 2, terbagi menjadi dua bagian:
1. Kurikulum Siswa KMI, yaitu materi kelas satu (tamatan SD/MI) dan satu Intensif (Tamatan SLTP/Mts/SMU) yang diajarkan bagi siswa yang telah lulus di Gontor 2 yang mengacu dan berpedoman langsung kepada kurikulum Pondok Modern Gontor Pusat. Pendidikan dilaksanakan dari bulan Syawal s.d Ujian Pertengahan Tahun Pertama pada bulan Rabiul Awwal.
2. Kurikulum Calon Siswa KMI, yaitu materi persiapan untuk menghadapi Ujian Masuk KMI, yaitu meliputi: al-Qur'an, Tajwid, al-Imla' (dikte Arab), Berhitung Angka, Berhitung Soal, Bahasa Indonesia dan Fiqh Ibadah. Di samping itu, di ajarkan pula Dasar-dasar Percakapan Bahasa Arab dan Inggris, Tauhid, Mahfudzot, Hadist, Tafsir, Sejarah Islam dan lain-lain. Program ini dilaksanakan pada bulan Rabiul Tsani s.d bulan Rajab.
(Kulliyyatu-I-Muallimin Al-Islamiyah (KMI) telah disamakan dengan Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Negeri (SK Sekjen Binbaga Islam No. E.IV/KEP/64/98) dan Sekolah Menengah Umum (SK Mendiknas No. 105/5/2000)).

C. KEGIATAN UJIAN DI PM GONTOR 2
      Bagi calon siswa KMI atau calon pelajar dalam meningkatkan dan memudahkan bimbingan belajarnya, sebelum dan setelah pembelajaran dilaksanakan beberapa ujian sebagai berikut:
1. Ujian Penempatan Kelas, adalah ujian pertama kali dilaksanakan ketika calon siswa masuk/mendaftarkan dirinya. Dimaksudkan untuk menentukan kelas sementara calon siswa yang sesuai dengan kemampuannya. Ujian ini meliputi; physco test, Al-Qur'an, Berhitung Angka, Berhitung Soal dan Imla' (dikte Arab).
2. Ujian Pemindahan Kelas.  Untuk menciptakan milliu belajar dan meningkatkan prestasi calon pelajar diadakan ujian perpindahan kelas (dari kelas sementara, diacak kembali ke kelas yang baru sesuai kemampuan). Ujian ini menggunakan soal-soal standart Ujian Masuk KMI Pondok Modern Gontor 1. Sehingga ujian ini merupakan sarana evaluasi belajar bagi guru dan calon pelajar sebelum menghadapi Ujian Masuk KMI Pondok Modern Gontor Ponorogo.
3. Ujian Masuk KMI. Ujian ini diadakan dua gelombang. Gelombang Pertama di Pondok Modern Gontor 2 setiap Sya'ban. Sedangkan gelombang kedua dilaksanakan pada bulan Syawal langsung di Pondok Modern Darussalam Gontor Pusat. Dengan kriteria kelulusan sebagai berikut:
- Lulus di PM Darussalam Gontor Pusat, Mlarak, Ponorogo.
- Lulus di PM Darussalam Gontor 2, Madusari, Ponorogo.
- Lulus di PM Darul Ma'rifat (Gontor 3), Kediri.
- Lulus di PM Darul Muttaqien (Gontor 5), Banyuwangi.
- Lulus di PM Darul Qiyam (Gontor 6), Magelang.
- Tidak lulus.

Bagi yang belum lulus pada Ujian Masuk KMI gelombang pertama (bulan Sya'ban), dapat melanjutkan bimbingan belajar kembali di Pondok Modern 2 untuk menghadapi Ujian Masuk KMI gelombong kedua (bulan Syawwal). Bagi siswa yang lulus di Pondok Modern Gontor I, diberikan kesempatan mengikuti bimbingan belajar untuk menghadapi ujian kelas lanjutan (kelas 2 dan 3) setelah pengumuman kelulusan di Pondok Modern Darussalam Gontor 2.


Bagi Siswa KMI yang lulus di Gontor 2, setelah diadakan Ujian Pertengahan Tahun untuk Tengah semester pertama, yang mana hasil ujian tersebut menentukan perpindahan siswa untuk melanjutkan tengah semester keduanya di Gontor Pusat bagi siswa yang berprestasi bagus, sedangkan yang berprestasi masih kurang, ditempatkan di Gontor cabang lain, seperti Gontor 3 di Kediri, Gontor 5 di Banyuwangi atau Gontor 6 di Magelang.

D. KEGIATAN EKSTRA KURIKULER
      Sejak awal tahun ajaran, para siswa telah diperkenalkan dan dilibatkan secara aktif, dalam berbagai kegiatan ekstra kulikuler, seperti: kepramukaan, latihan pidato dalam tiga bahasa (Arab, Inggris dan Indonesia), Muhadatsah (Percakapan dalam bahasa Arab dan Inggris), dan beberapa macam kursus keterampilan serta olah raga.

E. TENAGA PENGAJAR
       Guru di Gontor 2 semuanya tamatan KMI dan Institut Islam Darussalam (ISID) Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Selain mengajar, para guru juga aktif dalam kegiatan-kegiatan lain, yang meliputi: kepramukaan, lari pagi, pembinaan latihan pidato, serta mengolah unit-unit usaha, seperti: koperasi pelajar, cafe, kantin, penatu, wartel dan lain-lain.
Itulah informasi singkat tentang Gontor khususnya Pondok Modern Gontor 2. Jika ingin tahu tentang Gontor lebih luas dan bagaimana belajarnya silahkan masukkan anak, keponakan, family, adik dan sebagainya ke Gontor. Gontor sangat terbuka untuk umum, siapa saja bisa masuk Pesantren Gontor karena "Gontor Berdiri di Atas dan Untuk Semua Golongan". Semoga bermanfaat. amin.
Jika ingin mengetahui tentang cabang2 Gontor seIndonesia atau membeca artikel lainnya silahkan lihat dihttp://zulkiflihazmar.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger
 
Blogger Templates