Social Icons

Rabu, 12 Februari 2014

Upaya Menjauhkan Diri dari Sifat Sombong.

Matahari yang selalu pada Sang Penciptanya
Sombong merupakan salah satu sifat Allah (al Mutakabbir = Yang Maha Sombong). Sifat Allah yang satu ini berbeda dengan sifat-sifat Allah yang lainnya, sifat yang ini tidak boleh ada yang menggunakannya karena yang berhak hanya Allah sendiri.

Manusia sebagai makhluk ciptaan-Nya tidak pantas menggunakan sifat ini karena sebagia seorang hamba tidak ada yang bisa kita sombong. Lahir dalam keadaan telanjang (terbungkus kulit ari) dan mati dalam keadaan telanjang (terbungkus kain kafan). 

Segala kebutuhan yang kita nikmati di dunia ini sudah Allah sediakan, kita sebagaimana manusia hanya bisa mengembangkannya saja atas apa yang telah tersedia itu, seperti membuat pesawat, mobil, robot, dll. Akal pikiran yang kita banggakan yang bisa memikirkan untuk membuat peralatan super canggih sekalipun merupakan ciptaan Allah.  

Kadangan kita sebagai manusia melupakan hal tersebut. Kita merasa apa yang kita capai, kita raih, kita punya, kita miliki saat ini adalah semata-mata merupakan hasil perjuangan, kepintaran, usaha, kerja keras kita semata. Jika hal ini muncul dalam diri kita, disadari atau tidak kita sudah mengenakan pakaian Allah tersebut yaitu pakaian kesombongan.

Jika hal ini dibiarkan berlarut, akan tertimbul sifat jelek lainnya pada diri kita, seperti: egois, angguh, takabbur, zhalim, tamak, memandang orang lain rendah, dan lainnya bahkan bisa sampai seperti fir'aun (mengakui dirinya sebagai tuhan) Na'uzubillah...

Ada beberapa upaya untuk menjauhkan diri kita dari sifat sombong tersebut, diantaranya:
  1.  Menyadari efek jeleknya dari sifat sombong yaitu bisa menyengsarakan hidup di dunia dan akhirat. Salah satu efek dari sifat sombong itu adalah banyak orang disekitar kita menjauhi kita dan akan menimbulkan banyak musuh.
  2. Mengenali sifat dari kita yaitu seorang hamba yang lemah. Manusia ini diciptakan dari air yang hina dan kotor dan mempunyai banyak kekurangan. Qs. Al Mu'minun :12-15
  3. Selalu berusaha mendekatkan diri kepada Allah. Jika kita selalu mendekatkan diri kepada Allah maka kita akan menyadari bahwa diri kita ini adalah seorang hamba yang selalu bergantung kepada sang Kholik dan Allah lah yang Maha Kuasa. Qs. alhfatihah: 5
  4. Mengganti sifat sombong dengan sifat Tawadhu'. Lawan dari sifat sombong adalah sifat Tawadhu', yiatu rendah hati. ini merapakan salah satu sifat terpuji yang disukai oleh Allah. Qs. Al Furqaan: 63
Manusia merupakan "Wakil Allah" yang sengaja diciptakan untuk menjadi khalifah di bumi ini. sebagai seorang wakil kita harus bisa mengikuti apa yang diarahkan oleh pimpinan, ada aturan-aturan yang harus dipatuhi.

Jika kita bisa menyadari apa tujuan kita diciptakan di bumi, maka insya Allah sifat sombang bisa hindari walaupun itu sangat sulit.

salam bahagia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger
 
Blogger Templates