Social Icons

Rabu, 07 April 2010

Hidup Bahagia dan Jangan Bersedih Hati Sayang

Kita sering merasakan perasaan tidak nyaman, sedih, gelisah, cemas, takut, dan was-was karena beragam macam problematika kehidupan yang kita hadapi, meskipun sebenarnya kita sangat menyadari bahwa kehidupan di atas muka bumi ini mustahil tanpa ujian dan cobaan hidup. Disadari ataupun tidak disadari sebenarnya ujian dan cobaan hidup memiliki kontribusi yang sangat luar biasa dalam merubah kehidupan seseorang.
Beberapa pelajaran penting sering kita temukan dalam kehidupan kita sehari-hari, misalnya seorang wanita justru menemukan kesuksesan hidupnya pasca perceraiannya dengan suaminya atau seorang anak menemukan kesuksesan karena dorongan hidup saat mengalami kemiskinan. Bahkan, seorang pereman menemui jalan kehidupannya kembali setelah mengalami penderitaan suatu penyakit.Tidak hanya itu, yang tidak kalah penting bahwa cobaan dan ujian hidup terkadang turut membentuk kepribadian seseorang untuk bisa lebih menghargai hidup memahami arti ikhlas, sabar, syukur, tawakal, tawadhu’, dll. Banyak sekali kisah-kisah teladan dalam kehidupan kita yang sebenarnya menjelaskan kepada kita tentang hikmah dibalik sebuah cobaan dan ujian hidup.
Allah Swt., dalam kitab suciNya al-Quran menjelaskan bahwa ujian hidup adalah sebuah keniscayaan yang pasti dihadapi setiap insan. Tidak ada manusia yang tidak mengalami ujian hidup, sepanjang keberlangsungan hidup seorang anak manusia tentu sepanjang itu pula ujian hidup pasti dia hadapi, walaupun sebenarnya tingkat kesulitan cobaan dan ujian hidup tersebut sesuai dengan kadar keimanan dan kualitas spiritual seseorang, artinya bahwa Allah tidak akan menguji seseorang di luar batas kemampuannya.
Artinya: “Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar”. (al-Baqoroh, 2:155)
Artinya: ”Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya.”
Ayat pertama menjelaskan tentang kepastian adanya cobaan dan ujian hidup dari Allah kepada manusia untuk menguji kesabaran manusia. Adapunn ayat kedua menjelaskan bahwa cobaaan dan ujian tersebut tentu sebatas kemampuan seorang hamba memikulnya.
Dalam sebuah hadis ditegaskan, dari Abu Sa’id dan Abu Hurairoh r.a. katanya, “keduanya mendapat keterangan dari Rasulullah saw. Katanya, “Seorang mu’min yang tertimpa musibah, seperti kepedihan, kesusahan, dan duka cita termasuk kesusahannya yang memusingkannya tiap-tiap demikian mengampunkan dosanya.” (HR. Muslim)
Dalam hadis Rasulullah saw yang lain dijelaskan bahwa Dari Aisyah r.a katanya: “Bersabda Rasulullah saw.: ”Tiap-tiap musibah yang diderita seorang muslim, menggugurkan dosanya termasuk duri yang menusuknya.” (HR. Muslim)
Demikianlah beberapa hikmah dibalik cobaan dan ujian hidup yang dihadapi oleh seseorang. Sungguh dalam setiap ujian pasti terdapat kandungan mutiara yang tidak ternilai harganya. Seseorang tidak akan merasakan indahnya senyuman kalau tidak pernah mengalami pahitnya sebuah tangisan, atau seseorang tidak akan pernah merasakan indahnya kebahagiaan kalau tidak pernah merasakan getirnya sebuah penderitaan, dan seseorang tidak akan pernah merasakan nikmatnya sebuah kesehatan kalau tidak pernah merasakan sakit dan seterusnya.
Berdasarkan uraian di atas, tentu kita diingatkan agar bersiap dan kuat menghadapi setiap ujian dan cobaan hidup, walaupun tidak dapat dinafikan bahwa dampak psikologisnya adalah kesedihan, ketakutan, dan dll. Sebenarnya, hal tersebut sangat wajar terjadi pada diri seseorang tatkala menghadapi cobaan dan ujian hidup, namun kesedihan, kecemasan, ataupun kekhawatiran tersebut tidak boleh sampai menggerogoti kehidupan seseorang, sehingga mengganggu kenyamanan dan ketenangan hidupnya.
Oleh: Dr. H. Andian Parlindungan, MA 
from My blog: http://zulkiflihazmar.blogspot.com/
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger
 
Blogger Templates