Social Icons

Senin, 11 April 2011

EMANG ADA YANG GRATIS?????

Uang merupakan simbol alat tukar
Dalam pergaulan sehari-hari di masyarakat kita, telah populer  kalimat candaan "Mana ada yang gratis di zaman ini, buang air saja bayar". Sebuah kalimat yang sering kita dengar dari orang-orang yang ada disekitar kita. 
Jika di renungan ada benarnya juga kata tersebut, apa pun yang kita butuhkan dalam kehidupan ini pasti ada imbalan yang harus kita bayar jika mau mendapatkannya. 
Jika pemahaman kata gratis menurut kita adalah tidak ditukar uang, ada lemahnya kalimat judul di atas. Tetapi jika mengacu pada pengertian dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (gratis : cuma-cuma (tidak dipungut bayaran); cuma-cuma : tidak ada gunanya, sia-sia), maka kalimat di atas menjadi sangat benar
 
Sebagai contoh: Allah menjanjikan pahala kepada hamba yang melakukan ibadah dan  memberikan ganjaran atau hukuman bagi hamba-Nya yang mengingkari-Nya.

Orang tua akan selalu menyayangi anaknya yang senantiasa berbakti kepadanya. Anak yang kurang berbakti kepada orang tua pasti beda perlakuan orang tua terhadapnya dengan anak yang selalu berbakti kepada orang tuanya.
Kesehatan tidak akan kita dapat ketika kita tidak menjaga pola makan, pola hidup, pergaulan, dan lainnya dan itu membutuhkan biaya yang harus kita keluarkan.

Dalam menjalin persahabatan, kita sering kata: "Kita aja yang perduli sama dia tapi dia pernah mau tau tentang kita". Secara pribadi ketika kita mempunyai sahabat yang pelit dalam segala hal pasti kita tidak akan betah berteman dengannya dan hubungan persahabatan itu pasti tidak akan bertahan lama.
Perusahan tempat kita berkerja tidak akan menggaji secara penuh jika waktu bekerja kita tidak sesuai dengan aturan-aturan  yang sudah disepakati.

Dari beberapa kasus diatas menunjukkan bahwa semua tidak ada yang gratis bukan?
Jadi kita berkeinginan untuk mendapatkan sesuatu maka  harus ada  yang akan kita berikan, baik itu berupa materi, tenaga, pikiran, pengorbanan dan lainnya.
Jadi slogan gratis yang kita dengar selama hari ini hanya merupakan bahasa marketing agar bisa tertarik dengan produk mereka walaupun mungkin diawalnya gratisan itu benar adanya, namun setelah itu......??????? waspada lah

Berusaha lah untuk mendapatkan sesuatu itu dengan  ada bayaran yg dikeluarkan agar apa yang didapat itu bisa lebih dihargai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger
 
Blogger Templates